Reader Comments

Cara Mengatasi Kurap

by Arissa Nafisha Shareen (2018-08-07)


Meskipun namanya, kurap bukan disebabkan oleh cacing. Kurap sebenarnya adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur. Ini disebut kurap karena dapat menyebabkan ruam merah berbentuk cincin, merah, dan gatal pada kulit. Kurap juga disebut tinea.

Kurap sebagian besar mempengaruhi area tertentu dari kepala, kaki, selangkangan dan bentuk lain mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Seseorang dapat menangkap kurap dari orang lain yang terinfeksi, atau bahkan dari anjing atau kucing yang terinfeksi. Anda juga bisa mengambilnya dari benda-benda, seperti kios mandi, lantai ruang loker, atau area kolam yang memiliki jamur. Plus, Anda dapat menyebarkan kurap dari satu bagian tubuh (seperti kaki Anda) ke yang lain (seperti selangkangan Anda).

Jika seseorang memiliki kurap, penyedia layanan kesehatan mereka mungkin dapat mendiagnosisnya hanya dengan melihat ruam. Dalam beberapa kasus, kerokan ruam diambil dan dilihat di bawah mikroskop untuk memeriksa jamur.

Infeksi kurap kepala (kulit kepala), juga dikenal sebagai tinea capitis, biasanya menyebabkan ruam merah bersisik yang dapat menyebabkan botak pada kulit kepala. Biasanya menyerang anak-anak dan jarang mempengaruhi orang dewasa.

Infeksi kulit kepala biasanya diobati dengan obat-obatan antijamur resep yang Anda ambil melalui mulut, dan pengobatan bisa selama dua sampai 12 minggu tergantung pada jenis obat yang diberikan dan seberapa baik infeksi merespon pengobatan.

Untuk mencegah kurap pada kulit kepala agar tidak berulang, penting untuk menyingkirkan sisir, jepit rambut, atau produk rambut lainnya yang dapat menyamarkan jamur. Anggota keluarga juga harus diperiksa dan diobati, jika perlu.

Beberapa orang dapat membawa dan menyebarkan jamur tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi; orang ini disebut pembawa. Dalam kasus di mana hewan peliharaan keluarga diduga menjadi sumber infeksi, penting juga untuk merawat hewan tersebut.

Infeksi kurap pada kaki, juga dikenal sebagai tinea pedis, menyebabkan kulit di kaki, sering di antara jari-jari kaki, menjadi gatal, merah, pecah-pecah, lembut, dan bersisik. Kadang-kadang juga menyebabkan lecet terbentuk. Orang yang memiliki infeksi kurap pada kaki sering juga memiliki infeksi di tangan mereka, di bawah kuku mereka, atau di selangkangan mereka.

Kurap kaki merespon sebagian besar perawatan antijamur topikal, banyak yang tersedia tanpa resep dalam bentuk krim / gel / lotion / bubuk, yang biasanya diterapkan satu atau dua kali sehari selama hingga empat minggu. Dalam kasus yang parah atau yang berlangsung lama, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan obat antijamur oral untuk diminum juga.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi kemungkinan infeksi berulang, itu adalah ide yang baik untuk menggunakan bedak antijamur, baik di kaki dan di sepatu, dan memakai sepatu terbuka, setidaknya saat kaki sembuh.

Baca lebih lanjut https://entrisehat.com/cara-menghilangkan-kurap/

Infeksi kurap pada selangkang biasanya dimulai dengan menyebabkan ruam merah, gatal di selangkangan, lipatan di mana kaki bertemu dengan batang tubuh. Dari sana, bisa menyebar ke paha dan menuju bokong atau anus. Hal ini lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita, dan sering muncul saat cuaca hangat atau panas, setelah serangan berkeringat berat. Sumber paling umum dari infeksi ini adalah orang yang memindahkan infeksi kurap mereka sendiri dari kaki ke selangkangan (kaki atlet). Infeksi ring ring pangkal paha dapat berhasil diobati dengan krim / lotion antijamur / gel, yang sebagian besar tersedia tanpa resep. Perawatan biasanya dilakukan sekali atau dua kali per hari selama tiga hingga empat minggu. Namun, penting untuk merawat area tubuh lain yang terinfeksi kurap pada saat yang bersamaan; jika tidak, infeksi selangkangan kemungkinan akan kambuh. Selama perawatan, hindari pakaian ketat.

Infeksi kurap dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh selain dari kulit kepala, selangkangan atau kaki dan ini sering berkembang ketika infeksi dipindahkan dari bagian lain dari tubuh. Bisa juga terjadi pada orang tua yang merawat anak-anak dengan infeksi kurap. Tampaknya sebagai daerah bersisik melingkar atau oval. Infeksi ini biasanya merespon pada perawatan dengan krim / gel / lotion antijamur satu atau dua kali sehari selama satu hingga dua minggu

Untuk mencegah kurap dan infeksi kulit lainnya; jangan berbagi pakaian kotor, perlengkapan olahraga, atau handuk dengan orang lain, selalu pakai sandal atau sandal ketika di gym, kolam renang, atau area umum lainnya, bersihkan dengan sabun dan sampo setelah olahraga atau olahraga, ganti kaus kaki dan pakaian dalam setidaknya setiap hari dan menjaga kulit Anda bersih dan kering. Selalu keringkan diri dengan baik setelah berenang atau mandi dan pastikan perawatan segera untuk mereka yang terinfeksi kurap.

Rujukan https://entrisehat.com

Replies

Re: Cara Mengatasi Kurap

by andre dias silva (2020-01-20)

E para saber do x granao acesse o site onde está disponível a resenha completa