Comentarios del lector/a

Cara Memilih Kost dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

por area seoku (2019-11-06)


Bagi mahasiswa rantau, masuk kuliah nggak cuma berarti mempersiapkan diri untuk berhadapan dengan perkuliahan dan para dosen. Mempersiapkan akomodasi di perantauan juga nggak kalah penting. Kalau nggak prepare dari jauh-jauh hari, nanti mau tidur dimana, dong?

Berhubung kostan akan menjadi rumah kedua kamu selama berkuliah, Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 pastinya kamu bakalan nyari kostan yang paling “ngena” di hati. Akan tetapi, mendapatkan kostan idaman nggak semudah itu. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan, dan prosesnya pun nggak instan. Itulah alasannya kenapa Youthmanual sangat meyarankan kamu untuk mempersiapkan perkara kost-kostan ini jauh sebelum perkuliahan dimulai.

Persiapan berburu kostan idaman emang kedengaran ribet dan menguras banyak uang, waktu, dan tenaga. Apalagi kalau kamu masih newbie di dunia per-kost-an dan nggak tahu harus mulai darimana, saking bingungnya bahkan sampai nggak bisa nemuin kostan idaman. Sedih!

Ngomong-ngomong idaman, setiap orang punya preferensi masing-masing dalam memilih kostan. Tapi, menurut Youthmanual, ada hal-hal dasar yang patut kamu tahu dan pertimbangkan dalam memilih kostan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Apa aja, tuh?

Apa Aja Hal yang Patut Menjadi Pertimbangan Dalam Memilih Kostan?

Banyak hal yang bakal jadi faktor penentu kamu dalam memilih kostan yang paling bisa memenuhi kebutuhan (dan sesuai kemampuan) kamu. Dan nggak semua orang punya prioritas dan kebutuhan yang seragam dalam memilih kostan.

Kuncinya, semakin spesifik pertimbangan kamu dalam memilih kostan, akan semakin mudah untuk mencari kostan yang mana yang bakal cocok untukmu. Ya nggak mungkin, dong, kamu jelajahin satu kota dari sudut ke sudut kalau kamu sendiri nggak bisa menentukan hal apa yang jadi pertimbangan pribadi kamu. Keburu tahun ajaran baru dimulai, shay.

Menurut Youthmanual, ada 3 hal paling esensial yang patut kamu jadikan pertimbangan dalam memilih kostan, yaitu…

Budget

Nggak heran lah, ya, kalau harga sewa kost adalah faktor paling utama dalam menentukan pilihan. Karena selama kuliah, kamu harus membayar sewa kostan selama seenggaknya empat tahun ke depan. Itu juga kalau kamu lulus tepat waktu. Amin!

Idealnya, menentukan budget Perguruan Tinggi Swasta adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Sepakati dengan orang tua, berapa biaya yang mau dikeluarkan untuk membayar sewa kost tiap bulan (atau tiap masa jatuh temponya). Selain itu, menentukan budget juga akan membantu kamu mempersempit “lahan” pencarian kostan dan mempermudah kamu dalam mensortir fasilitas apa yang sekiranya sesuai dengan harga idealmu.

Lokasi

Jikalau tadi kita ngomongin perkara jauh-dekatnya lokasi kostan dengan kampus mempengaruhi harga, maka kamu harus menjadikan hal ini sebagai pertimbangan.

Lokasi kost yang paling ideal tentu saja yang dekat kampus. Malah sebisa mungkin walking distance ke kampus, deh. Kalau nggak berhasil dapat yang dekat, cari kostan yang dilewati jalur angkutan umum agar praktis, dan kamu nggak perlu keluar ongkos banyak untuk bolak-balik kampus. Sia-sia, dong, ngekos kalau ujung-ujungnya musti keluar ongkos banyak untuk transportasi http://danmooredesigns.com/UserProfile/tabid/61/userId/504844/Default.aspx.

Kestrategisan lokasi kostan dan keamanan lingkungan juga perlu kamu pertimbangkan. Apakah ada tempat-tempat penting seperti minimart, warung kelontong, dan apotek? Seberapa jauh jaraknya dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit terdekat? Tempat-tempat umum tersebut penting, lho, untuk keseharian kamu.

Pastikan juga akses menuju kostan tersebut nggak susah dan alamatnya cukup jelas, apalagi kalau kamu sering menggunakan jasa kurir, pemesanan transportasi (taksi, ojek online, dan sebagainya), atau rutin kedatangan tamu.

Fasilitas

Bugdet, udah pas. Lokasi, udah oke. Sekarang tinggal pilihan fasilitas yang disediakan oleh kostan. Kira-kira sudah dapat memenuhi kebutuhanmu atau belum?

Saat kostan Beasiswa S1, cari tahu fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan di sana. Setiap kost punya fasilitas yang berbeda-beda, karena setiap orang ‘kan punya kebutuhan dan yang berbeda-beda juga. Tetapi ada beberapa fasilitas yang basic banget dan wajib ada, seperti:

Air bersih yang memadai
Jendela dan sirkulasi udara yang baik
Kamar mandi yang layak
Sisanya, tergantung kebutuhan dan preferensi kamu dalam menggunakan fasilitas tertentu yang mendukung kegiatanmu sehari-hari. Sebagai referensi, kamu bisa cek daftar fasilitas yang biasa menjadi pertimbangan mahasiswa rantau dalam memilih kostan di bawah ini.

Kamar mandi di dalam kamar/luar kamar
Koneksi internet
Dapur bersama
Tempat cuci seterika dan jemuran
Jasa cuci seterika
Air minum
Air panas (untuk mandi)
AC
Ruang tamu/ruang bersama (in case kamu bakal bawa temen buat kerja kelompok)
Biaya listrik token
Tempat parkir (kalau kamu bawa kendaraan pribadi)
Jasa membersihkan kamar & kamar mandi
Penjaga kostan
Meskipun nggak termasuk fasilitas, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan ada atau tidaknya bapak/ibu kost di area kostan kamu. Selain untuk keamanan diri sendiri, kehadiran ibu atau penjaga kostan bisa membuat orang tua nggak cemas mikirin kesejahteraan kamu. Kalau ada emergency, senggaknya ada yang bisa membantu. Secara nggak langsung, kamu ‘kan “anak titip” ibu/bapak kost juga.

Yang pasti, semakin lengkap fasilitasnya, semakin mahal juga harga sewanya. Jadi tanya ke diri sendiri, apa saja hal yang benar-benar kamu butuhkan? Buat daftar apa aja fasilitas yang bisa dikompromikan, dan apa yang nggak. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan masing-masing kandidat kostan mana yang paling pas dengan kantong dan kebutuhanmu Cara Berhenti Donasi Unicef.